BDD (Body Dysmorphic Disorder)



BDD  (Body Dysmorphic Disorder)

hey again ;)
pernah liat orang yang gak pernah puas sama diri sendiri ? selalu dah ngerasa dirinya itu paling jelek  padahal orang" disekitarnya merasa dia tuh udah cantik. segala macam cara pun ia lakuin buat ngubah dirinya jadi cantik sesuai keinginannya, bahkan ada seorang wanita yang obsesif banget pengin mirip Giselle Budchen dari ubun-ubun hingga jempol kaki, seumur hidupnya ia mengkoleksi majalah mode dan kecantikan yang memuat foto dirinya lalu berkonsultasi dengan dokter bedah untuk melakukan operasi plastik berulang kali demi mendekati imej impiannya itu. Hal ini dilakukan terus menerus dan tidak pernah puas sehingga kasus ini akan menjadi sebuah lingkaran setan yang mengerikan. uwih ngeri banget yah


kalo udah gini, ati ati loh berarti wanita ini mengidap penyakit Body Dysmorphic Disorder (BDD). BDD adalah gangguan kejiwaan pada citra tubuh (body image). BDD lebih banyak diderita oleh orang-orang perkotaan, seperti remaja, dan wanita-wanita yang bekerja di industri hiburan (selebriti). tapi bukan berarti mereka semua mengalaminya, melainkan hanya sebagian saja.


tau Barbie ? itu tuh boneka anak" yang serba sempurna. nah secara gak langsung boneka ini nimbulin penyakit BDD  bahkan ada loh yang rela ngelakuin beratus operasi cuma buat dirinya keliatan kayak barbie itu, biasanya yang sering di permasalahkan adalah bentuk wajah (hidung, mata, bibir, pipi, alis, bulu mata) gak cuma cewek yang bisa menderita BDD, cowok juga loh, biasanya orang yang perfeksionis yg kena nih penyakit.



CIRI CIRI :
kalo kita sering ngelakuin hal - hal di bawah ini, patut dicurigain tuh :

  • Benci banget dengan cermin karena ga sanggup melihat refleksi diri sendiri. Bisa juga kebalikannya, hobi banget ngeliat cermin hanya untuk mengecek sesuatu yang enggak penting. jadi maniak cermin karena kita selalu terdorong untuk melihat wajah pada setiap cermin yang ditemukan baik melalui kaca jendela hingga kaca spion sekalipun. u,u
  • Mengelus-elus kulit berulangkali untuk memastikan bahwa kulit kurang halus, kurang mulus dan harus segera dibawa ke dokter kulit.
  • Memajang foto selebritis idola dengan harapan akan secantik dan sesexy dirinya. Kalau terobsesi dengan rambut indah Gywneth Paltrow, maka dalam sehari bisa" nyisir rambutt terus.
  • Menarik diri dari kehidupan sosial dan menjadi depresi. seperti ngindarin pesta, ngumpul" brng temen, dll.
  • Kecanduan operasi plastik, ini sih kalo yang punya banyak uang yak.
  • Kalau sudah menjurus kegilaan parah, orng yg menderita ini bisa melakukan operasi plastik sendiri dengan sembarang alat di depannya termasuk pisau untuk mengiris hidungnya yang kepanjangan. ya ampun x_x
  • Membandingkan kekurangan diri dengan orang lain.

PENANGANAN

Sebenarnya tidak sulit mencegah atau menangani orang yang mengalami BDD. tapi memang di butuhkan kemauan serta niat yang kuat untuk sembuh, sebagai syarat utama.sebaiknya penderita penyakit kejiwaan ini meningkatkan spiritualitas atau iman dalam diri orang tersebut . lebih banyak bersyukur dan memunculkan nilai-nilai positif yang dimiliki. kalau memungkinkan, gantilah teman bergaul. cari teman-teman yang tidak terlalu berorientasi pada kecantikan fisik. nah.. kalu udah begitu secara perlahan BDD itu pasti bisa berkurang.bisa juga dengan terapi foto.

FIND MORE IN  :

  • http://beautyonwatch.wordpress.com/tag/gambar-diri-yang-rusak-pada-perempuan/
  • http://danieland.multiply.com/journal/item/58
  • http://sterindalovely.blogspot.com/2011/04/body-dysmorphic-disorder.html
  • http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1946547-bencinya-melihat-diri-sendiri-si/

0 comments:

Post a Comment

Copyright © / My Rainbow In My Day

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger